Peran Filsafat Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Potensi Manusia

Saturnina Elisa, Yonatan Alex Arifianto, Ririn Utari

Abstract


This is article aims to Provide an understanding of the role of the philoshopy of Christian religious educational in enhancing human potential that already exists in humans. The potenials possessed by humsnd are physical potential (physical), spiritual potential (spiritual), and reason (mind). So to in increase the human potential that is owned, the philosophyof education which is currently growing day by day is growing so that as a result the potential of every human beingt can be developed and increased. Through the role of  Christian religious education philosophy in increasing human potential, using descriptive qualitative methods the researchers analyzes it with literature studies to be able to provide an understanding of the role of educational philosophy in increasing human potential in order to make an educational philosophy a good influence in developing an enhancing a human potential it self.

 

 

Abstrak

Artikel ini bertujuan memberikan suatu pengertian mengenai peran filsafat pendidikan dalam meningkatkan potensi manusiawi yang secara lahiriah telah ada dalam diri manusia. Maka untuk meningkatkan potensi manusiawi yang dimiliki tersebut filsafat pendidikan yang dewasa ini semakin hari semakin berkembang sehingga hasilnya potensi yang dimiliki setiap manusiawi dapat dikembangkan dan semakin . Melalui peran filsafat pendidikan dalam meningkatkan potensi manusiawi, dengan metode kualitatif deskriptif peneliti menganalisis dengan studi pustaka untuk dapat memberikan suatu pemahaman mengenai peran filsafat pendidikan dalam meningkatkan potensi manusiawi agar dapat menjadikan suatu filsafat pendidikan sebagai pengaruh yang baik dalam mengembangkan dan meningkatkan suatu potensi manusiawi itu sendiri.

 

Kata Kunci: filsafar, pendidikan agama Kristen, potensi manusia


Keywords


Philosophy, Christian religious education, human potential

Full Text:

PDF

References


Abdullah, jalaluddin &. Idi. 2014. Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, Dan Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gandamana, Apiek. 2021. “Peranan Filsafat Dalam Mengatasi Problem Seumur Hidup.” Guru Kita 6(1):lI.

H, Hamka. 2019. Filsafat Pendidikan. Banjarmasin: Nizamia Learning Center.

HM., Rasjidi. 1978. Filsafat Agama. Cet. IV, Jakarta: Bulan Bintang.

Idi, Jalaluddin dan Abdullah. 2014. Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, Dan Pendidikan Edisi Revisi. Cet. IV; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kurikulum, Pusat Pengembangan. 2003. Kurikulum 2004 Kerangka Dasar (Draf). Jakarta.

Made Sugiarta, Ida Bagus Putu Mardana, Agus Adiarta &. Wayan Artanayasa. 2019. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur).” Jurnal Filsafat Indonesia 2(3).

Mahdayeni, Muhammad Roihan Alhaddad, &. Ahmad Syukri Saleh. 2019. “Manusia Dan Kebudayaan (Manusia Dan SEjarah Kebudayaan, Manusia Dalam Keanekaragaman Budaya Dan Peradaban, Manusia Dan Sumber Penghidupan).” Manajemen Pendidikan Islam 7(2).

Muhammad Kristiawan. 2016. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Valia Pustaka.

Praja, Uhaya S. 1997. Aliran-Aliran Filsafat Dan Etika. Cet. Bandung: Yayasan Piara.

Ramli. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK Departemen P dan K.

Scott G Isaksen, Dorval, Treffinger. 2011. Creative Aprroaches To Problem Solving. United Stated Of America: page publications.

Sidgazalba. 1994. Sistematika Filsafat “Pengantar Kepada Dunia Filsafat.” Cet. Jakarta.

Sutrisno, Aliet Noorhayati. 2014. Telaah Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Grub Penerbitan CV Budi Utama.

Syam, Mohammad Noor. 2008. Filsafat Pendidikan Dan Dasar Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Tiat, Liem Tjong. 1968. Filsafat Pendidikan Dan Pedagogik. Bandung: Jurusan FSP FIP IKIP.

Umrati, and Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.




DOI: https://doi.org/10.55097/sabda.v4i1.79

DOI (PDF): https://doi.org/10.55097/sabda.v4i1.79.g72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sabda: Jurnal Teologi Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Sabda: Jurnal Teologi Kristen has been registered on:

  

View My Stats