Nilai-Nilai Etis Teologi Pendidikan Anak dan Nilai Pancasila dalam Kode Etik Guru Sekolah Minggu

Eunike Anggraeni Susilo, Yonatan Alex Arifianto, Wulan Agung

Abstract


Kode etik bagi seorang guru sangat perlu diperhatiakan bagi setiap orang yang menjalani profesi tersebut. Dengan adanya kode etik seorang guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Kode etik guru ini membantu guru dalam memahami peserta didik agar tujuan dari Pendidikan dapat terwujud karena dalam proses pembelajarannya dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu seorang guru sekolah minggu juga harus memiliki kode etik dalam menjalankan tugasnya. Guru sekolah minggu memiliki tugas selain menanamkan nilai-nilai kekristenan kepada anak, guru sekolah minggu juga bertugas dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak agar anak dapat mmiliki karakter yang mencintai tanah air tempat kelahirannya yaitu bangsa Indonesia.  Karena selain anak hidup dalam gereja, anak juga hidup dalam lingkungan masyarakat Indonesia. Dalam hal ini guru sekolah minggu mengajarkan anak didik untuk bisa hidup dalam lingkungan masyarakat yang ada di Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa guru sekolah minggu dituntut untuk memiliki kedewasaan dalam hal rohani atau iman mereka, dapat menjadi teladan bagi anak didik dengan meneladani mereka tentang keteladanan yang telah Yesus ajarkan, serta hidup benar sesuai dengan kebenaran akan Firman Tuhan. Sebelum mengajar, guru sekolah minggu harus benar-benar memahami dan mempelajari mengenai kode etik seorang guru yang tentunya sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan (Alkitabiah). Di saat guru sekolah minggu telah memahami kode etik seorang guru maka proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

 


Keywords


Nilai-nilai Etis Teologi Pendidikan Anak, Nilai Pancasila, Kode Etik Guru

Full Text:

PDF

References


Asmaroini, Ambiro Puji. 2016. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi.” Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 4(2):440–50. doi: 10.25273/citizenship.v4i2.1077.

Damanhuri, Damanhuri, Febrian Alwan Bahrudin, Wika Hardika Legiani, and Ikman Nur Rahman. 2016. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa.” Untirta Civic Education Journal 1(2):185–98. doi: 10.30870/ucej.v1i2.1890.

Handitya, Binov. 2019. “Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia.” Adil Indonesia Jurnal 2(1):13–23.

Jufni, Muhammad, Syifa Saputra, and Azwir. 2020. “Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora 8(4):575–80.

Panuntun, Daniel Fajar, and Eunike Paramita. 2019. “Hubungan Pembelajaran Alkitab Terhadap Nilai-Nilai Hidup Berbangsa Dalam Pemuridan Kontekstual (Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual).” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 1(2). doi: 10.38052/gamaliel.v1i2.30.

Prihanto, Joko, Duma Fitri Pakpahan, and Doni Pranata Tarigan. 2022. “Peran Kode Etik Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen.” Journal of Industrial Engineering & Management Research 3(3):157–63.

Supartini, Tri. 2019. “Implementasi Teologia Anak Untuk Mewujudkan Gereja Ramah Anak.” Integritas: Jurnal Teologi 1(1):1–14. doi: 10.47628/ijt.v1i1.4.

Supriyadi, Daniel. 2021. “Implementasi Best Practice Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Minggu.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2(1):94–108. doi: 10.52489/jupak.v2i1.25.

Triposa, Reni, and Yonatan Alex Arifianto. 2021. “Strategi Guru PAK Dalam Membangun Pancasila Sebagai Paradigma Integrasi Bangsa Terhadap Peserta Didik Di Era Milenial.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4(1):165–79.

Wenas, Maria Lidya, and I. Putu Ayub Darmawan. 2017. “Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 1(2):118. doi: 10.46445/ejti.v1i2.69.

Yunida Bawamenewi, Lidia Marbun, Andreas Fernando, Reni Triposa. 2022. “Peran Pendidikan Teologi Dan Kepemimpinan Kristen Dalam Pembentukan Karakter Guru Sekolah Minggu.” IKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3(1):20–31.




DOI: https://doi.org/10.55097/sabda.v3i2.52

DOI (PDF): https://doi.org/10.55097/sabda.v3i2.52.g63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sabda: Jurnal Teologi Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Sabda: Jurnal Teologi Kristen has been registered on:

  

View My Stats