Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Karakter Siswa Usia 12 Tahun
Abstract
This article is written to describe concretely what efforts are made by Christian Religious Education teachers in shaping the character of 12-year-old students. This topic is reviewed based on the age of 12 years, which is the age at which these students will become teenagers. Therefore, it is important to lay the foundation of correct character through the path of Christian religious education. In working on this paper, researchers use a literature study approach by asking two formulations of research questions. What qualifications should PaK teachers have for shaping student character? And what kind of efforts do PAK teachers make to build student character? The findings of this study are that PAK teachers should have an intellect marked by believing in the authority of scripture and themselves become role models in all aspects for students. Surely this will be a model that can be imitated by educators in their character development in accordance with the principles of the truth of God's words.
Abstrak
Artikel ini ditulis untuk menguraikan secara kongkrit upaya apa yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Kristen dalam pembentukan karakter siswa usia 12 tahun. Topik ini diulas didasarkan pada usia 12 tahun merupakan usia dimana para peserta didik ini akan beranjak remaja. Oleh karena itu, penting meletakkan fondasi karakter yang benar melalui jalur Pendidikan Agama Kristen. Di dalam mengerjakan tulisan ini, peneliti menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan mengajukan dua rumusan pertanyaan penelitian. Kualifikasi apa seharusnya yang dimiliki guru PaK dalam membentuk karakter siswa? Dan upaya seperti apa yang dilakukan pengajar PAK dalam pembentukan karakter siswa? Temuan dari penelitian ini, pengajar PAK hendaknya memiliki intelektualitas yang ditandai percaya pada otoritas kitab suci, dan dirinya menjadi role model dalam segala aspek bagi murid. Tentunya ini akan menjadi percontohan yang bisa ditiru oleh naradidik dalam pengembangan karakter mereka yang sesuai dengan prinsip kebenaran firman Tuhan.
Kata Kunci: Guru, Peserta didik, Pendidikan Agama Kristen
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, N. D., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan buku pedoman permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter kebaikan hati anak usia 9-12 tahun. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 141–155.
B S Sijabat. (n.d.). Menjadi Guru Profesional. Kalam Hidup.
Dami, F. J., & Tari, E. (2024). Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Profesional Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 2(1), 166–184. https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1.259
Halawa, C., Hestiningrum, P. N., & Iswahyudi, I. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44
Henrichsen, W. A. (1974). Cara Melatih Murid Kristus. In Bandung: Kalam Hidup. Kalam Hidup.
Husain, H., Sembiring, L. A., & Simon, S. (2021). Menerapkan Pola Pendidikan Perjanjian Baru pada Pendidikan Kristiani Masa Kini. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2).
Jamal M. Asmani. (2016). Great Teacher. Dova Press.
Jamil, S. (2014). Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Kia, A. D. (2019). KAJIAN PEDAGOGIS TENTANG TANGGUNG JAWAB GURU PAK SECARA PROFESIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Shanan, 3(2), 77–94. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1580
Lase, D., & Hulu, E. D. (2020). Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(1), 13–25.
Lumbantoruan, J. T., Nababan, H. R., Sitompul, H. J. S., & Naibaho, D. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Disekolah. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2).
Mansir, F., Parinduri, M. A., & Abas, S. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK WATAK KUAT-POSITIF. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 429–437. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.6811
Mbeo, E. T., & Krisdiantoro, A. B. (2021). Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 17–29.
Nainggolan, J. M. (2010). Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi.
Nuhamara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16(1), 93–114.
Pieter, R. (2020). Keluarga Kristen Berbasis Kerajaan Allah di Jemaat GBI ROCK Satelit Kota Denpasar. Diegesis: Jurnal Teologi, 5(1).
Putnarubun, A., Rengrengulu, W. C., & Suruan, Y. (2022). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA. EIRENE Jurnal Ilmiah Teologi, 7(2), 519–542. https://doi.org/10.56942/ejit.v7i2.57
Sabdono, E. (2014). Hidupku BagiMu. Rehobot Literature.
Sembiring, L. A., & Simon, S. (2022a). Kontribusi Pengajar Pendidikan Agama Kristen Dalam Membantu Pemulihan Traumatis Korban Pelecahan Seksual. Jurnal Shanan, 6(1), 25–44. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/shanan.v6i1.3624
Sembiring, L. A., & Simon, S. (2022b). Menggagas Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Misiologi. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 32–45.
Sembiring, L. A., Yulianto, A. T., & Simon, S. (2023). Kontribusi Pengajar Pendidikan Agama Kristen dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Murid Distabilitas. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 12(2), 153–170. https://doi.org/10.46495/sdjt.v12i2.149
Seraano, J. B. N. (2009). Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA. Bandung: Bina Media Informasi.
Siburian, K. J., & Naibaho, D. (2023). Kontribusi Keteladan Guru PAK Bagi Pembentukan Spritualitas Dan Karakter Siswa di Era Disrupsi Dunia. Jurnal Magistra, 1(4), 170–177.
Sri Wahyuni. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. NEM.
Suryady, R. (2023). PERAN KETELADANAN ORANG TUA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA 6-12 TAHUN DI GEREJA BETHEL TABGHA. JURNAL TABGHA, 4(1), 22–35. https://doi.org/10.61768/jt.v4i1.66
Telaumbanua, A. (2018). Peranan guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231.
Telaumbanua, A. H. N. (2020). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI ERA INDUSTRI 4.0. INSTITUTIO:JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN, 6(2), 45–62. https://doi.org/10.51689/it.v6i2.243
Telaumbanua, A. H., Nehe, H., Pardede, M., & Karo-Karo, S. (2024). PERANAN GURU PAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS XI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TA 2022/2023. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, 6(1), 1–13.
Thiessen, H. C., & Doerksen, V. D. (1992). Teologi sistematika. Malang: Gandum Mas.
Thomas Lickona. (2012). Pendidikan Karakter. Kreasi Wacana.
Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 1(2), 124–143.
Wright, N. (2009). Menjadi orang tua yang bijaksana. Andi Offset.
Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan [Research Methods in Religious Scientific Journal Manuscripts]. Jurnal Teologi Berita Hidup. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93
DOI: https://doi.org/10.55097/sabda.v4i2.112
DOI (PDF): https://doi.org/10.55097/sabda.v4i2.112.g85
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sabda: Jurnal Teologi Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sabda: Jurnal Teologi Kristen has been registered on:
View My Stats