Bible For Kids: Aplikasi Pendamping Orang Tua Mewujudkan Pendampingan pada Pendidikan Agama Kristen Anak di Keluarga

Sudiarjo Purba

Abstract


The background for writing this article is the widespread use of smartphones among children and the many applications available on Android with religious affiliations, including Christianity, that not many parents know about. The purpose of this research is to convey to parents that the responsibility to realize Christian Religion Education (CRE) for children in the family can be helped by the availability of the Bible for Kids application. The scope of the research is an exploration of the Android application, namely Bible for Kids, which is linked to CRE Children in the family. The findings and conclusions of this research are that the Bible for Kids application is very suitable for parents to use as a companion application in realizing PAK for children in the family, especially in increasing children's Bible knowledge through stories, coloring activities, games and other activities available on the application the.


Abstrak:

Latar belakang penulisan artikel ini adalah maraknya penggunaan smartphone pada anak dan banyaknya aplikasi yang tersedia di android berafiliasi keagamaan termasuk keagamaan Kristen yang belum banyak orang tua ketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyampaikan kepada orang tua bahwa tanggung jawab mewujudkan PAK Anak di keluarga dapat terbantu dengan tersedianya aplikasi Bible for Kids. Ruang lingkup penelitian adalah eksplorasi terhadap aplikasi android yaitu Bible for Kids, yang dikaitkan dengan PAK Anak di keluarga. Hasil temuan dan kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa aplikasi Bible for Kids sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh orang tua sebagai aplikasi pendamping dalam mewujudkan PAK Anak di keluarga khususnya dalam meningkatkan pengetahuan Alkitab anak melalui cerita, aktivitas mewarnai, game, dan aktivitas lainnya yang tersedia pada aplikasi tersebut.


Keywords


Accompanying Applications; Bible for Kids; Christian Religion Education for Children.

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Isnanita Noviya. 2018. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Di Era Digital.” Fikrotuna 7(1):789–802. doi: 10.32806/jf.v7i1.3184.

Artawan, I. Made, Made Sudarma, and I. Made Arsa Suyadnya. 2018. “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Virtual Reality Menggunakan Platform Android.” Jurnal SPEKTRUM 4(2):8. doi: 10.24843/spektrum.2017.v04.i02.p02.

Artha, I. Ketut Atmaja Johny, and Arini Dwi Cahyani. 2023. “Aplikasi Parents and Kids Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Pola Pengasuhan Positif Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1):1001–16. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3903.

Atmojo, Ahmad Muslih, Rahma Lailatus Sakina, and Wantini Wantini. 2022. “Permasalahan Pola Asuh Dalam Mendidik Anak Di Era Digital.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3):1965–75. doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1721.

Ayuningrum, Desy, and Nur Afif. 2021. “APLIKASI BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI.” Alim: Journal of Islamic Educatioan 3(2):169–84.

Church, Life. 2022. “Bible for Kids.”

Erri Wahyu Puspitarini, Dian Wahyu Putra, A. Prasita Nugroho,. 2016. “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 1(1):46–58. doi: 10.37438/jimp.v1i1.7.

Feryando, Dara Aulia, Agustinus Prasetyo Edi Wibowo, Arief Darmawan, Santi Triwijaya, and Sunardi. 2022. “Edukasi Dini Penggunaan Smartphone Yang Baik Pada Anak-Anak.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(2):1102. doi: 10.31764/jmm.v6i2.7004.

Fujiyanto, Ahmad, Asep Kurnia Jayadinata, and Dadang Kurnia. 2016. “The Use of Audio Visual Media to Improve Student Learning Outcomes in Material Relationships between Living Creatures.” Jurnal Pena Ilmiah 1(1):841–50.

GP, Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI.

Gustomi, Leo Fajar, Hermansyah, and Nurhayati. 2016. “Desain Aplikasi Pembelajaran Doa-Doa Harian Berbasis Game Edukasi.” Jurnal Sisfotek Global 5(2):81–85.

Hotmarlina, Evinta, and Maria A. S. Sondjaja. 2022. “Prinsip-Prinsip Pak Anak: Sebuah Kajian Eksegesis Alkitab Dari Ulangan 6: 4-9.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 5(2):166–77. doi: 10.47457/phr.v5i2.259.

Mansoor, Fatima. 2023. “The 12 Best Educational Game Apps Kids Will Love (2023 Reviews & Rankings).” My ELearning World. Retrieved March 21, 2024 (https://myelearningworld.com/best-educational-game-apps/).

Moleong, Lexy J. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Nugroho, Rivo, I. Ketut Atmaja Johny Artha, Widya Nusantara, Arini Dwi Cahyani, and Muhammad Yayang Putra Patrama. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):5425–36. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2980.

Pearce, Kyle. 2022. “The Top 100 Android Education Apps for Learning Anywhere.” 1–12. Retrieved June 14, 2022 (https://www.diygenius.com/best-android-educational-apps).

Putri, Maylina Safira, and Nuri. 2022. “Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” AMRI (Analisa, Metode, Rekayasa, Informatika) 4(1):4–8. doi: 10.37411/jecej.v4i2.1242.

Rahmadani, K., and M. Masamah. 2023. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional 5(1):102–8.

Rambe, Malim Soleh, and Nevi Yarni. 2019. “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 2(2):291–96. doi: 10.31004/jrpp.v2i2.486.

Rinaldus Tanduklangi. 2020. “Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Matius 28:19-20,.” PEADA-Jurnal Pendidikan Kristen 1, No.1(1):47–58.

Silviliyana, Mega, Karuniawati Dewi Ramadani, Rini Sulistyowati, Nindya Riana Sari, and Ganish Anggraeni. 2023. Profil Anak Usia Dini 2023. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukoati, Suci, and Kili Astarani. 2012. “Aktivitas Bermain Mewarnai Dapat Meningkatkan Mekanisme Koping Adaptif Saat Menghadapi Stress Hospital Pada Anak.” Jurnal STIKES 5(2):223–35.

Suranta, Edi. 2022. “PEMANFAATAN DAN DAMPAK PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL UNTUK PENDALAMAN ALIKTAB DI ERA INDUSTRI 4.0.” Jurnal Teologi Biblika 7(2):28–38.

Wurara, Devit Y., Sherwin R. U. A. Sompie, Sarry D. E. Paturusi, Henry Valentino F. Kainde, Teknik Elektro, Universitas Sam, Ratulangi Manado, and Jl Kampus Bahu-unsrat Manado. 2020. “Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Dan Simulasi Sistem Bilangan Digital Berbasis Android.” Jurnal Teknik Informatika 15(1):13–22.

YouVersion. 2022a. “APLIKASI ALKITAB ANAK-ANAK.” Life Church. Retrieved June 17, 2022 (https://www.bible.com/id/kids.).

YouVersion. 2022b. “Aplikasi Alkitab Anak.” Life Church. Retrieved June 17, 2022 (https://youtu.be/RNpFYfZ8DUw).

Yulia, Yulia, Neni Marlina BR Purba, and Januardi Nasir. 2019. “Aplikasi Game Edukasi Matematika Berbasis Android.” Indonesian Journal of Computer Science 8(2):101–12. doi: 10.33022/ijcs.v8i2.196.

Zulfadhli, Muhammad, and Ahmad Hilal Alimuddin. 2023. “Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Kognitif Anak Usia Dini Di Kota Makassar.” Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences 2(2):2023.




DOI: https://doi.org/10.55097/sabda.v5i1.104

DOI (PDF): https://doi.org/10.55097/sabda.v5i1.104.g87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sabda: Jurnal Teologi Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Sabda: Jurnal Teologi Kristen has been registered on:

  

View My Stats