Pemetaan Kurikulum dan Strategi Pembelajaran Sekolah Minggu

Yudhi Kawangung, Rinto Hasiholan Hutapea, Yuel Yoga Dwianto

Abstract


This purpose of this paper is to obtain an overview of curriculum mapping and Sunday school learning strategies. This paper uses a literature study approach in achieving this goal. The results of the analysis of the authors find that Sunday school is an integral part of the ministry of the church. One effective learning strategy used is the discussion method. The method of discussion is exciting heaven. By using the discussion method children will go through three levels of thought, namely: first, believe that has no basis. Second, doubt and doubt about this original opinion, and want to want to know the truth. And third, believe that is based on investigation and correct way of thingking.

 

Tujuan tulisan ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pemetaan kurikulum dan strategi pembelajaran sekolah minggu. Tulisan ini menggunakan pendekatan studi pustaka dalam mencapai tujuan tersebut. Hasil analisis penulis menemukan bahwa sekolah minggu merupakan bagian pelayanan yang integral dari gereja. Salah satu strategi pembelajaran yang efektif digunakan adalah metode diskusi. Metode diskusi adalah surga yang mengasikkan. Dengan memakai metode diskusi anak-anak akan melalui tiga tingkat pikiran, yaitu: pertama, yakin yang tiada berdasar. Kedua, bimbang dan ragu-ragu tentang pendapatnya semula, dan ingin hendak mengetahui yang sebenarnya. Dan ketiga, yakin yang berdasarkan kepada penyelidikan dan cara berpikir yang betul.

Keywords


curriculum, learning strategies, Sunday school

Full Text:

PDF

References


Alexander, F., & Pono, F. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(2 SE-Articles). https://doi.org/10.37364/jireh.v1i2.21

Boehlke, R. R. (2009). Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: dari Yohanes Amos Comenius sampai Perkembangan PAK di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Darmawan, I. P. (2015). Dasar-Dasar Mengajar Sekolah Minggu.

Darmawan, I. P. A. (2014). Pendidikan kisten di era postmodern. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 37–46. Retrieved from https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/Js/article/viewFile/3/2

Ginting, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hadinoto, N. K. A. (1993). Dialog dan Edukasi: Keluarga Kristen dalam Masyarakat Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hutapea, R. H. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(1 SE-Articles). https://doi.org/10.37364/jireh.v1i1.10

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholeh, M. (2014). Metodologi Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta: Kaukaba.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.55097/sabda.v1i1.4

DOI (PDF): https://doi.org/10.55097/sabda.v1i1.4.g2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sabda: Jurnal Teologi Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Sabda: Jurnal Teologi Kristen has been registered on:

  

View My Stats