Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen yang Ideal dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik

Novita Wihelmina Kaunang

Abstract


This article discusses specifically what kind of personality a Christian Religious Education teacher should have in forming the character of students. This topic is reviewed because there are still teachers who are not yet fully open to taking part in the formation of students' character. Why is a teacher encouraged to be involved in forming the character of students, so that when they grow up, they become individuals who do not display bad character? This is where educators need attention and concentration when teaching Christian religious studies. By using a qualitative research method and a literature approach, this paper proposes the formulation of the main question. What kind of personality should a PAK teacher have? The findings from this discussion explain that the personality a teacher needs to have to form the character of students is a personality that is mature and responsible, a personality that is wise and authoritative. This personality will help students have role models in character formation.

 

ABSTRAK

Tulisan ini membahas secara spesisifk kepribadian seperti apa seharusnya yang dimiliki oleh seorang guru Pendidikan Agama Kristen dalam pembentukan karakter peserta didik. Topik ini diulas karena masih ada para pengajar yang berlum sepenuhnya terkonsentrasi untuk andil dalam pembentukan karakr peserta didik. Mengapa seorang guru didorong untuk terlibat dalam pembentukan karakter peserta didik, agar ketika mereka beranjak pada usia dewasa, mereka menjadi pribadi yang tidak menampilkan karakter yang buruk. Disinilah pendidik diperlukan perhatian dan konsentrasinya saat mengajar dalam pembelajaran Agama Kristen. Dengan mennggunkan metode penelitian kualitatif pendekatan literatur, tulisan ini mengajukan rumusan pertanyaan utama. Seperti apa kepribadian yang harus dimiliki seorang pengajar PAK? Temuan dari pembahasan ini menguraikan bahwa kepribadian guru yang perlu dimiliki dalam pembentukan karakter peserta didik adalah keperibadian yang dewasa dan bertanggung jawab, kerpibadian yang arif kepribadian dan berwibawa. Kepribadian ini akan membantu peserta didik memiliki role model dalam pembentukan karakter

 

Kata Kunci: Kepribadian Guru, Pendidikan Agama Kristen, Peserta Didik, Karakter


Keywords


Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. Gadjah Mada University Press Bekerjasama Dengan LAN RI, 1(1), 485–493. Arifianto, Y. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi De

Full Text:

PDF

References


Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. Gadjah Mada University Press Bekerjasama Dengan LAN RI, 1(1), 485–493.

Arifianto, Y. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral di Tengah Era Disrupsi. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 45–59.

Bahri, D. S. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Ballu, E. (2021). Strategi Optimalisasi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum PAK Tingkat SMA Acuan K-13. PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 150–177. https://doi.org/10.34307/peada.v2i2.53

Dewi, A., Dandan, R., & Yusuf, E. (2023). PERAN KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN DISIPLIN SISWA KELAS V DI SDN 8 TIKALA. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(5), 799–806.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.

Doni Koesoema A. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mengajar Anak Di Zaman Global. Gramedia.

Dwi, N., Sugiono, S., & Lasfeto, A. (2019). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Perilaku Belajar Bermasalah Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Efata Tangerang Serpong. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(2), 40–49.

Estherika, E., Tamba, G. W. A., Purba, R. A., Sinaga, J. Y., Pasaribu, A. A. P., Solin, L. W., & Sitanggang, R. (2023). PERAN GURU PAK DALAM PEMBINAAN TERHADAP ANAK BROKEN HOME. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12379–12387.

Gaol, N. T. L., & Nababan, A. (2019). Kepemimpinan guru pendidikan agama Kristen. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 89–96.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Husain, H., Sembiring, L. A., & Simon, S. (2021). Menerapkan Pola Pendidikan Perjanjian Baru pada Pendidikan Kristiani Masa Kini. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2).

Hutapea, R. H. (2019). Meneropong Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Model Perilaku Peserta Didik. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 1(2), 66–75.

Jamat M. Asmani. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan Dan Profesional. Alfabeta.

Lase, D., & Hulu, E. D. (2020). Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(1), 13–25.

Lasut, S. D. (2019). Peranan Guru PAK Dalam Membina Karakter Siswa SMA. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(1).

Mau, M. (2020). Panggilan Timotius Menurut 2 Timotius 2: 2 Dan Implikasinya Bagi Kompetensi Guru Agama Kristen. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 1(2), 180–198.

Muali, C., Qodratillah, K. R., & others. (2018). Pengembangan karakter guru dalam menghadapi demoralisasi siswa perspektif teori dramaturgi. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 102–126.

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Nasution, E. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1).

Rohmad, M. A. (2019). Wibawa Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius. PROSIDING, 82.

Roseta, R., & Sirait, J. R. (2022). Profesionalisme Guru Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(2), 382–398.

Samaloisa, H. A. S., & Hutahaean, H. (2023). Pentingnya guru pendidikan agama kristen dalam pembentukan karakter, spritual, moralitas dan rohani peserta didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 162–178.

Sanggala. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfa Beta.

Saogo, S. N., & Zamasi, S. (2023). Implikasi Kebijaksaan Salomo Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(3), 1–10.

Sembiring, L. A., Yulianto, A. T., & Simon, S. (2023). Kontribusi Pengajar Pendidikan Agama Kristen dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Murid Distabilitas. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 12(2), 153–170. https://doi.org/10.46495/sdjt.v12i2.149

Seraano, J. B. N. (2009). Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA. Bandung: Bina Media Informasi.

Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78–95.

Sumual, F. J. N., & Palempung, F. F. (2021). Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Lentera Nusantara, 1(1), 48–60.

Syaiful Bahri Djamarah. (2005). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Tafona’o, T. (2019). Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4: 11-16. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3, 62–81.

Tubagus, S. (2019). METODE-METODE YANG KREATIF DAN EFEKTIF UNTUK PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Tumou Tou, 103–116. https://doi.org/10.51667/tt.v6i2.147

W.S. Winkel. (2009). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.

Werdiningsih, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 113–124.

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan [Research Methods in Religious Scientific Journal Manuscripts]. Jurnal Teologi Berita Hidup. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93

Zuriah, N., & Yustianti, F. (2009). Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan: menggagas platform pendidikan budi pekerti secara kontekstual dan futuristik. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.55097/sabda.v5i1.115

DOI (PDF): https://doi.org/10.55097/sabda.v5i1.115.g92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sabda: Jurnal Teologi Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Sabda: Jurnal Teologi Kristen has been registered on:

  

View My Stats